Info Sekolah
Jumat, 04 Okt 2024
  • Selamat Datang di Halaman SMK Negeri 1 Ketapang
13 Juli 2024

MPLS DI SMKN 1 KETAPANG: MENGENAL DUNIA KERJA LEBIH DALAM

Sabtu, 13 Juli 2024 Kategori : Berita / Kerjasama Industri

SMKN 1 Ketapang menggelar Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dari tanggal 10 hingga 13 Juli 2024. Kegiatan ini dirancang untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada peserta didik baru mengenai program dan konsentrasi keahlian yang ada di sekolah tersebut. MPLS tahun ini tidak hanya menghadirkan pihak industri sebagai narasumber, tetapi juga mengadakan kunjungan industri untuk memperkenalkan lingkungan kerja secara langsung kepada peserta didik.

Pada hari pertama hingga kedua, peserta didik diberikan materi yang bertujuan meningkatkan pemahaman mereka tentang program dan konsentrasi keahlian yang ada di SMKN 1 Ketapang. Materi disampaikan melalui berbagai metode seperti ceramah, video, dan diskusi. Selain itu, narasumber dari praktisi industri juga dihadirkan untuk memberikan informasi mengenai potensi karier, peluang studi lanjut, dan wirausaha sesuai dengan program dan konsentrasi keahlian yang dipilih oleh peserta didik. Di hari ketiga peserta didik diajak untuk kunjungan industry ke kantor/lingkungan kerja yang sesuai dengan jurusannya, ditemani oleh guru-guru pembimbing dari jurusan masing-masing.

Pada hari terakhir MPLS, yaitu tanggal 13 Juli 2024, SMKN 1 Ketapang mengadakan kunjungan industri. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman langsung kepada peserta didik mengenai lingkungan kerja di industri terkait dengan program keahlian yang mereka pilih. Dengan kunjungan ini, diharapkan peserta didik dapat memahami lebih dalam tentang dunia kerja dan mempersiapkan diri dengan lebih baik untuk masa depan mereka.

MPLS di SMKN 1 Ketapang ditutup dengan pentas seni yang diadakan oleh kakak tingkat pada hari Sabtu, 13 Juli 2024. Pentas seni ini menjadi ajang bagi peserta didik untuk menunjukkan bakat dan kreativitas mereka, serta mempererat hubungan antar peserta didik baru dengan kakak tingkat.

Kepala SMKN 1 Ketapang, Ibu Erini, S.P., M.M.Pd., menyatakan bahwa kegiatan MPLS ini sangat penting untuk memberikan gambaran awal kepada peserta didik mengenai kehidupan di SMK dan dunia kerja. “Kami berharap dengan adanya kegiatan MPLS ini, peserta didik dapat lebih siap dan termotivasi untuk belajar serta mengejar cita-cita mereka,” ujar Ibu Erini.

Dengan rangkaian kegiatan yang komprehensif ini, SMKN 1 Ketapang berkomitmen untuk memberikan pendidikan yang berkualitas dan relevan dengan kebutuhan dunia kerja, serta membantu peserta didik dalam mengembangkan bakat dan minat mereka.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar