Info Sekolah
Jumat, 04 Okt 2024
  • Selamat Datang di Halaman SMK Negeri 1 Ketapang
10 Juli 2023

Pelatihan Dasar Lingkungan Hidup Bagi Dewan Ambalan dan Alumni Gerakan Pramuka Gugus Depan Drs. Moch. Hatta – Dwi Sri SMKN 1 Ketapang

Senin, 10 Juli 2023 Kategori : Berita

Konferensi Kepramukaan Se-dunia Ke-23 Tahun 1971 mengesahkan Resolusi No.12/71 tentang : Himbauan melakukan tindakan yang berkesinambungan dalam pelestarian Lingkungan Hidup secara keseluruhan dan menggalakkan organisasi kepramukaan di negara masing-masing (NSO) untuk lebih intensif dan bekerjasama dengan organisasi lain yang melaksanakan pelestarian warisan alam dan manusia.

Dewan Ambalan Gerakan Pramuka Gugus Depan Drs. Moch. Hatta – Dwi Sri SMKN 1 Ketapang menyelenggarakan Pelatihan Dasar Lingkungan Hidup yang bertujuan Meningkatkan kesadaran dan kepedulian anggota Gerakan Pramuka akan pelestarian lingkungan hidup. Selain itu kegiatan ini diharapkan mampu mendidik dan membina anggota Gerakan Pramuka sebagai patriot peduli lingkungan, serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman bagi anggota Gerakan Pramuka dan orang dewasa Gerakan Pramuka di Gugus Depan untuk melaksanakan kegiatan pramuka peduli pelestarian lingkungan hidup.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Minggu, 9 Juli 2023 berlokasi di Pantai Sei Kinjil, Benua Kayong, Ketapang dari Pkl. 09.00 – 14.00 WIB. Materi pada pelatihan kali ini disampaikan oleh Pembina Pramuka Gerakan Pramuka Gugus Depan Drs. Moch. Hatta – Dwi Sri SMKN 1 Ketapang.

Pemahaman pendidikan Lingkungan Hidup masih terbatas pada kalangan tertentu saja, masih ada anggapan bahwa Pendidikan Lingkungan Hidup belum begitu penting dan masih dipandang sebelah mata. Kalaupun ada, pendidikan Lingkungan Hidup belum memadai dan kurang aplikatif, siswa lebih banyak diberikan teori, masih kurangnya aksi nyata, sehingga pemahaman anak-anak tidak utuh, papar Veronica Ekaviati S., SE. selaku pembina.

Sementara Kakak pembina Rahmat Rizky Wahyudi berharap dengan materi yang disampaikannya, Gerakan Pramuka sebagai organisasi pendidikan non formal yang mendidik kaum muda agar menjadi generasi yang bertanggung jawab, mampu membina dan mengisi kemerdekaan nasional serta membangun dunia yang lebih baik sangat strategis sebagai patriot peduli lingkungan yang dapat memelihara dan menjaga kelestarian lingkungan.

Kegiatan Pelatihan Dasar Lingkungan Hidup ini diakhiri dengan memungut sampah di sekitar lokasi Pantai.

(vhe sartono)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar