Info Sekolah
Jumat, 04 Okt 2024
  • Selamat Datang di Halaman SMK Negeri 1 Ketapang
13 September 2023

Pengukuhan Dan Pelantikan Tamu Beserta Dewan Ambalan Masa Bhakti 2023 – 2024 Drs. Moh. Hatta – Dwi Sri, Gudep 04.011 – 04.012, Pangkalan SMKN 1 Ketapang

Rabu, 13 September 2023 Kategori : Berita

Kegiatan pendidikan kepramukaan ditingkat pendidikan dasar dan menengah merupakan kegiatan ekstrakurikuler wajib yang diikuti oleh seluruh peserta didik, hal ini sesuai dengan yang tertuang dalam permendikbud no. 63 tahun 2014.

Untuk mewujudkan hal tersebut SMK N 1 Ketapang yang merupakan salah satu sekolah penggerak melakukan salah satu rangkaian kegiatan kepramukaan ditingkat penegak yaitu Penerimaan Tamu Ambalan Drs. Moh. Hatta – Dwi Sri, Gudep 04.011 – 04.012.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk persami yang di awali sejak Sabtu, 09 September – Minggu, 10 September 2023, yang diikuti oleh 415 orang calon tamu ambalan. Tujuan dilaksanakan penerimaan tamu ambalan tersebut untuk melantik siswa-siswi yang dulunya pramuka penggalang menjadi pramuka penegak.

Dalam upacara pembukaan kegiatan tersebut dihadiri oleh tamu undangan baik perwakilan dari Kwarcab, Kwaran, beberapa Gudep dan Alumni Ambalan SMkN 1 Ketapang. Kepala SMKN 1 Ketapang sebagai KaMabigus bertindak sebagai pembina upacara. Dalam sambutannya Kakak Erini, S.P., M.M.Pd. menyampaikan kepada seluruh peserta agar menanamkan dan mengamalkan butir-butir Dasa Dharma dan Tri Satya Pramuka, bukan hanya dilingkungan sekolah, tetapi juga dilingkungan keluarga dan masyarakat, beliau juga menghimbau agar setiap peserta calon tamu dalam kegiatan tersebut dapat menanamkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam sandi ambalan putra dan putri dan mempraktekkan dalam kehidupan sehari-sehari. Dan diakhiri dengan membuka kegiatan tersebut dengan resmi.

Adapun perlombaan yang diadakan pada kegiatan persami adalah Tapak Kemah, Pentas Seni, Hiking, Lomba Cerdas Cermat (LCC), Sangga Favorit yang akan dikumulatifkan menjadi Juara Umum Sangga.

Upacara penutupan kegiatan dilaksanakan pada minggu sore hari, dimana Kakak Erini, S.P., M.M.Pd kembali bertindak sebagai pembina upacara, beliau menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya terhadap semangat peserta calon tamu yang baru saja dilantik, dan semangat panitia dimana Robet Hayadi selaku ketua panitia, yang totalitas bekerja sesuai tanggung jawab yang diemban.

Pada kesempatan kali ini beliau juga melantik Dewan Ambalan Masa Bhakti 2023 – 2024 hasil Mubes (Minggu, 27 Agustus 2023).
Aldo Zulfadli sebagai Pradana Putra dan Alila Febi Alvionita sebagai Pradana Putri.

Kegiatan persami ditutup dengan photo bersama.

(vhe sartono)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar